Minggu, 06 Februari 2011

INILAH KEHEBATAN LINUX

Linux adalah OS yang sangat potensial untuk dikembangkan, namun masalah perbedaan distro masih tetap mengganjal dikepala saya lho....apakah linuxer disini gak bisa menyatukan distro aja biar segalanya menjadi jauh lebih gampang.. bayangkan aja klo kita bertanya tentang problem slackware,. sementara yang menjawab adalah seorang yang biasa menggunakan mandriva,.. ,...akurasi jawaban akhirnya tidak bisa dijamin. meskipun pada dasarnya semua distro memiliki persamaan yang mendasar,. namun dalam tataran implementasi terkadang memiliki perbedaan. kalau orang yang sudah paham linux sih gak ada masalah,. tapi bagaimana dengan orang yang pengen belajar. mereka akan bingung ketika diajarkan sesuatu namun mereka tidak menemukan hal itu didistro yang mereka miliki. berikut contoh yang gw ilustrasikan:
si A baru mempelajari linux,. kemudian memilih PClinux sebagai distronya,. namun dia menghadapi kendala ketika vga komputernya tidak berjalandengan baik,. kemudian si A bertanya ke forum linux dan hadirlah si B memberikan jawaban. Si B yang sudah ahli dislackware mengatakan bahwa hal tersebut terjadi karena Xorg nya perlu dikonfigurasi,. maka si B menyarankan untuk menjalankan xorgsetup untuk melakukan konfigurasi otomatis terhadap x server komputer si A,. saran si B didasari pertimbangan bahwa si A adalah pemula,.
namun setelah si A mencoba,. ternyata perintah Xorgsetup tidak berjalan dikomputernya,. seandainya kedua-duanya menjalankan slackware,. cerita akan berbeda.
dari contoh diatas,. terlihat adanya kendala buat pemula untuk mempelajari linux. pemikiran si B adalah tepat,. karena mempertimbangkan bahwa si A adalah pemula. adalah hal yang sangat sulit bagi si A jika dia harus langsung bertemu dengan konfigurasi manual xorg (xorgconfig). namun apa yang diberitahukan oleh si B akhirnya menjadi sia-sia karena si A hanya melihat unknown command dilayar konsole nya.
ilustrasi di atas hanya salah satu ilustrasi dari berbagai kemungkinan yang dapat terjadi akibat perbedaan distro. untuk itu saya mengajak teman-teman untuk menyatukan distro...dan menurut yang tepat adalah SLACKWARE (he..he..promosi kaleee)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar